Wednesday, October 29, 2014

pembasmi, tradisi unik,universal


TRADISI UNIK DESAKU Waktu aku kecil dulu di wonogiri,ada suatu tradisi unik, namanya tradisi methik,atau dalam rangka menuai padi saat akan di panen,,, maksud dan tradisi ini ,adalah ucapan rasa sukur yang berlebih ,karna dewi padi telah memberikan kemurahanya ,panen yang melimpah ,klo secara sepirit sih itu menurut saya tradisi sepertimitu adalah berbagi,berbagi kegembiraan karna sebentar lagi musim panen telah tiba,dengan menaruh nasi tumpeng di pojok pojok sawah ,gula ,dan ikan pethek,,,apa makna semua ini,,dulu say tak mengaggap ini peristiwabyangnperlu saya amati,,,saya dan anak anak lain saling berebut nasi ,sama gudangan ,ada ayam panggangnya ,walau sedikit,tapi rasanya nikmat banget,ingat si bolang he,,,,, setelah saya besar,tanpa sengaja saya bertemu dengan insinyur pertanian ,saya bicata bicara,dan dia insinyur yang rendah hati ,walaupun saya masih 17 tahun dan dia sudah 40 tahun,dia sering bertanya akan suatu hal.ngetes kali ya.. dan satu pertanyaan yang saat itu dia tanyakan pada saya dan saya kebingungan untuk menjawab,ya ..tentangntradisi metik itu,klo sejarahnya saya tau dari kakek,klo maanfaatnya secara ilmiah saya gak bisa menjawab ,karna menurut saya itu hanya sebuah tradisi yang turun temurun di wariskan oleh nenek moyang.singkat cerita saya gak tau... kemudian insinyur said menjawab...tujuanya secara ilmiah,metik atau menaruh nasi ,gula ,lauk ,di pojol sawah itu,supaya makanan kita itu di datangi semut,dan katanya menurut belio,semut itu bisa membasmi hama hama yang menyerang padi,hingga panenya melimpah..... oke...bisa di tarik kesimpulan swcara ilmiah,klo panen pafi kita mau bagus ,taruh gula di pojokan sawah biar mendatangkan semut,yang semut tadi bisa menjadi musuh alami bagi hama padi semoha bermaanfaat..sedikit info dari ane...he...wasalam

No comments:
Write komentar